Black & White Notes

Teknik Silhouette

Posted in photoshop by dimazgyba on September 12, 2009

tahukah anda apa itu teknik silhouette?, saya rasa tidak semua kita tahu, namun ada yang pernah menggunakanya tapi tidak tahu namanya, ada yang pernah melihat sengaja atau tidak.

untuk memperdalam pengetahuan kita sekarang saya akan mengajak anda berkenalan dengan teknik silhoutte

Istilah silhouette berasal dari  nama seorang Menteri keuangan Perancis yaitu Etienne de Silhouette,yang pernah mengalami krisis finansial parah di masa Perang 7 tahun yang pernah melanda Perancis.

sil-book1

Beliau sangat menikmati seni membuat photo dengan cara menggunting .Lama kelamaan orang menyebut seni tersebut dengan istilah Silhouette.

Di Perancis seni ini berkembang dan bahkan menjadi lahan mencari pendapatan dengan cara menggambar tampak samping seseorang dengan cara menggunting kertas hitam.Hampir mirip fotografi deh.

450px-cutting_girl_1c_1

Bener-bener butuh kesabaran tinggi lho. coba aja kalo ngga sabaran wajah obyek jadi amburadul kan.

Kini seni siluet banyak dipakai di semua aliran seni rupa. Cara bikinnya sih gampang-gampang susah.Meski aneh tapi ternyata mengasyikan juga lho bikin gambar siluet ini.Coba aja tengok karya karya siluet di bawah ini.silhouette-art-1

Illustrasi buku anak-anak tradisional (European classic Book illustration)

nah, setelah mengenal lebih jauh tentang silhoutte, anda bisa mengaplikasikanya pada teknik photografi anda atau berkreasi dengan menggunakan editor grafis anda!!

kalau masih kurang jelas silhkan anda tanya pada Mbah segala tahu (tapi bukan mbah surip lo :D)

sekian dulu bye

beberapa teknik silhoutte

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. vikri said, on October 14, 2009 at 3:44 pm

    saya Vikri dari sumatera.
    bicara soal siluet, saya coba memadukannya dengan desain batik lokal yang memanfaatkan cahaya sepeda motor “…”,.susah susash gampang yach.

  2. yans said, on August 25, 2010 at 5:57 pm

    Saya suka sekali gambar siluet….apalagi berpadu dengan senja. Indah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: